Cara Agar Gaji Cukup Untuk Diri Sendiri Dan Orang Tua Buat Si Tulang Punggung Keluarga!

Karena dikhawatirkan suami bisa lengah dari tanggung jawabnya sebagai qowwam atau pemimpin dalam keluarga. Sebagai isteri, dalam hal ini perlu memahami beberapa hal agar dapat menjalankan kedua peran tersebut dengan ikhlas. Salah satunya dengan memahami bahwa Allah ternyata memberikan rezeki yang lebih banyak lewat tangan isteri. Karena yang terpenting, suami tetap berusaha sekuat tenaga mencari nafkah. Sangat sering ditemui justru isteri lah yang justru memiliki penghasilan yang lebih besar dibandingkan suaminya. Hal ini tentu saja menyebabkan isteri lebih banyak berperan dalam menjalankan roda ekonomi keluarga atau dengan kata lain menjadi tulang punggung perekonomian keluarga.

Sebelum berangkat ke Malaysia juga sempat mendapat pelatikan melalui salah satu agen di Sragen. “Segala dokumen pemulangan jenazah sudah dilalui dan kami akan membantu untuk pencairan santunan korban,” ujarnya. SRAGEN, KRjogja.com – Jenazah Wami Windasih , Tenaga Kerja Indoneia asal Dukuh Kandangsapi RT 9, Desa Kandangsapi, Kecamatan Jenar, Sragen, tiba di rumah duka, Jumat (27/10). Tangis histeris keluarga dan kerabat seketika pecah saat ambulans pembawa jenazah TKW yang bekerja di Penang Malaysia ini tiba.

Jadi, mereka jika mempekerjakan atau mencari tenaga kerja dari kalangan disabilitas bukan semata-mata bertujuan charity, amal, atau bagian dari CSR kantor. Dalam sehari, biasanya Vira bisa menyelesaikan eleven hingga 18 trip. Vira juga aktif mengikuti grup Whatsapp Ladies Grab, yakni komunitas mitra Grab perempuan yang membuatnya semakin termotivasi.

Menjadi tulang punggung bagi keluarga

Fundrising ini merupakan bagian dari program bantuan biaya hidup yang mana penghimpunannya akan di salurkan untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dhuafa. Dana yang terhimpun akan di salurkan untuk Retno dan keluarga dhuafa lainnya. Demikianlah kisah sepenggal kisah Ibu empat anak asal Gampong Samakurok, kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, yang menjadi tulang punggung keluarga sejak suaminya sakit dan terbaring dirumah tiga tahun terakhi.

Hal ini dikarenakan, selain bertugas mencari nafkah, Vira tetaplah seorang istri, ibu dan anak yang harus mengurus segala macam kebutuhan suami yang sedang sakit hingga keperluan anak dan ibunya. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena suami di-PHK dari pekerjaannya, sehingga mau tak mau sang istri harus rela menjadi tulang punggung keluarga. Ada juga yang menganggap bahwa beban kerja istri di rumah tidaklah berat, sehingga lebih baik waktunya digunakan untuk bekerja sehingga menambah pendapatan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga. Masing–masing keluarga memiliki kebutuhannya sendiri, yang biasanya semakin banyak. Misalnya untuk biaya pendidikan anak, biaya pengobatan ketika salah satu anggota keluarga sakit, gaji pekerja rumah tangga atau babysitter, biaya rekreasi bersama keluarga saat akhir pekan, dan masih banyak lagi.

Kalina Oktarani harus mengurus ibunya yang tengah sakit di tengah persoalan rumah tangganya dengan Vicky Prasetyo. Sebab, di kelurahan Tanjung terdapat bangunan dengan standing tanah yang sama, tapi mendapatkan bantuan bedah rumah. Setiap ketemu orang ia selalu menyapa duluan, dan tidak segan-segan untuk membantu orang lain sebatas kemampuannya. Tanggungan Thoha cukup banyak diantaranya menghidupi lima anak dan istrinya. Kerja keras merupakan prinsip yang terus dipegang Thoha teguh untuk memberikan kebahagiaan pada keluargnya. Kini Thoha tidak lagi nomaden, keputusannya untuk menetap di Padende menjadikannya Ia sebagai salah satu pengrajin parang khas suku Da’a.

Mereka yang tidak mau terlibat atau membantu bisa-bisa “dikucilkan” secara sosial karena dianggap pelit atau tidak punya perasaan. “Saya terus berpikir, apa ya yang bisa menghasilkan uang dan bisa mencukupi kebutuhan keluarga? Perempuan yang harus berfungsi ganda sebagai ibu sekaligus tulang punggung keluarga, beban yang ditanggung sangat besar. Pertanyaan kenapa KONG4D mau bekerja, suaminya ke mana, kenapa tetap bertahan dengan suami yang tidak bertanggung jawab? Ini merupakan pertanyaan yang dapat menjadi beban psikologis bagi istri yang menjadi tulang punggung keluarga. Untuk bisa tetap melakoni perannya yang ganda, Vira membuat jadwal rutin untuk bekerja sebagai mitra GrabCar, karena Vira tidak mengenal hari libur.

Contoh kondisi darurat seperti, kebutuhan untuk perawatan kesehatan yang tidak bisa dicakup oleh asuransi. Atau, gadget rusak dan harus beli baru karena gadget tersebut menunjang pekerjaan. Pemilik nama asli Sukrianih ini sudah jadi tulang punggung keluarga sejak masih SMP. Saat itu, Zaskia Gotik harus putus sekolah untuk menyambung ekonomi keluarga. Kini, Zaskia sudah dikenal sebagai salah satu penyanyi dangdut dengan bayaran termahal. Viralnya kisah Gilang di Facebook yang merupakan anak dari tukang ojek online ini pun banyak mencuri perhatian netizen.